TI

Terlambat Insyaf/Too Late For Repent /2005

Oil on Canvas
120 x 130 cm

Tema :
Seperti komik murahan ? Komik yang bercerita tentang surga neraka ? poster film lawas ? Gambar di belakang truk kayu yang sering lewat di jalan tol atau pelabuhan ?

Bukan , ini adalah kesadaran untuk bertobat (ini serius! – Dhani) merupakan pilihan konsep perupaan salah satu seniman muda berbakat yang telah dikaruniai seorang anak ini. Karya yang sedianya dibuat dalam ujian kelulusan sarjana ini, merupakan salah satu sisi estetika religius yang coba diungkap sang seniman, Dhani Santjok dalam wujud lukisan di atas kanvas.

Terinspirasi oleh sinetron-sinetron bertemakan Hidayah yang kerap ditayangkan di televisi, cover-cover majalah hidayah, Dhani sekali lagi mengungkapkan suatu bentuk gaya visual yang telah lama dilupakan para praktisi modern seni rupa era sekarang. Era eklektik visual yang cukup dominan mengakibatkan kita seringkali leluasa mengambil ujud yang tak terduga. Pengaruh gaya kitschy, estetika grass-root (masyarakat lapisan bawah) justru malah menampilkan cita rasa lebih yang jauh lebih ‘nyaman’ dalam berkomunikasi, dibanding sekedar memampangkan simbol-simbol modern yang labur untuk diapresiasi dan malah menghilangkan konsep kuat yang hendak dipaparkan. Pada prinsipnya, Dhani mencoba mengkomunikasikan tema kesadaran secara gamblang, konsekuensi melakukan dosa sehingga direngut oleh kematian disaat dia belum bertobat. Dengan ujud yang sekilas mencerminkan visual ‘heresy’ dengan wajah setan ( referensi lokal) yang hendak melahap sang pendosa ketika kematiannya baru saja menghampiri, Dhani sebenarnya mencoba bertutur kata serius tentang hal ini.


AddThis Social Bookmark Button

Dhani Santjok | Galeri Dhani di DeviantArt