Apa itu Grotesque ?
When used in conversation, grotesque commonly means strange, fantastic, ugly or bizarre, and thus is often used to describe weird shapes and distorted forms such as Halloween masks or gargoyles on churches.

Sumber dari Wikipedia

Battling of the Demons Mind. Sebuah karya dengan visual yang menyeramkan, malah menjadi acuan seorang Kris Kuksi, untuk menciptakan perupaan yang memiliki sensasi visual unik dalam bentuk dunia yang ganjil, menyimpang dan menyeramkan dan lebih di kategorikan sebagai elemen-elemen visual Grotesque.

Dengan elemen bahan mainan, penggabungan bentuk klasik, buruk rupa dan menjijikkan sampai ujud terpusat atau simetris , Kuksi dengan jeli meramu itu semua. Dengan medium karya mix media, beberapa ujud yang menyeramkan malah menjadi indah. Unik. Karya Kuksi, malah menceritakan sebuah dunia ganjil, dengan meminjam idiom-idiom gothic seperti Gargoyles, pencitraan 3 dimensi dari karya-karya Hieronymus Bosch, pemvisualan Call of Cthulhu-nya – Lovecraft, serta dimensi horor Clive Barker. Seorang Marylin Manson juga pernah mendalami tema Grotesque ini pada salah satu albumnya.

Saya teringat sosok HR Giger yang menciptakan dunia Alien dalam karya-karyanya. Bedanya, Kuksi kembali mendalami visual dari era yang lebih klasik.

Karya ini seperti berbicara tentang kematian, kegelapan yang abadi, sebuah teater absurd dari makhluk-makhluk ganjil yang mendiami dunia mereka. Kuksi memang berbicara visual diantara ratusan seniman yang tertarik pada objek yang sama, dia mempunyai nilai lebih akan kecintaanya pada jenis visual horor grotesque.

Dalam keterangan di websitenya, Kuksi menampilkan material yang dibangun dari mainan murahan, sampai miniatur objek yang dibeli terpisah, kitschy object, molded-injection, bunga plastik dan boneka-boneka, tengkorak rekaan yang diolah kembali dengan pewarnaan (yang terus terang memang brilian) yang suram, seperti yang tercermin dari karya-karyanya.

Tema yang berbicara tentang kematian, esensi artistik dari elemen-elemen kematian dalam sebuah dunia ganjil, dengan cermat memberikan kita pemahaman akan potensi artistik individual yang muncul sebagai respon dari paradoks tentang kematian.

Lihat karya-karya Kuksi :

7deadly sins
7 Deadly Sins/Mix Media/2007

The New Divinity
A New Divinity/Mix Media/2007

Macabre ride
Macabre Ride/Mix Media/2007


Original Sin/Mix Media/2007

Kunjungi karya-karya Kuksi di situs yang tercantum pada link di bawah ini.

*Pencantuman karya-karya dilakukan atas seijin individu yang bersangkutan di website kuksi.com

Tulisan ini juga di muat di situs : Blognya Yudi

AddThis Social Bookmark Button

Link : Kris Kuksi , Dark Roasted Blend