Setan Komersil/Punjabi’s Attack/2007
Medium : Olah Digital
Dimensi : 640 x 1024 px

Tema :

“Lagi lagi pemuasan visual semata, dengan sedikit mengambil tema menjamurnya film-film yang benar-benar ” MENAKUTKAN (!)“. RP for Rp😀 – Giri 2007”

Lucu dan Getir juga memang terkesan konyol. Giri disini mencoba menciptakan nuansa humor. Apa yang dibuat sebenarnya memang sangat citarasa lokal, dengan taste keminggris😀. Secara konteks, visual yang diajukan sebenernya merupakan personifikasi dari ke-muak-annya atas tayangan tak bermutu di televisi akhir-akhir ini. Giri memang berbicara atas nama jemunya konsumen televisi terhadap tayangan tak bermutu baik itu dalam bentuk sinetron dan acara televisi di Indonesia. Masalah langsung muncul ketika nama Raam Punjabi disebut dalam karya ini. Seperti yang sudah-sudah, Multivision Plus dengan Punjabi sebagai nahkodanya, merupakan salah satu penguasa tayangan hiburan di televisi di Indonesia. Sebagai rumah produksi untuk Sinetron, tayangan Infotainment, film-film lokal bertemakan horor Asia (Indonesia), Punjabi sukses mengangkangi singasana tunggal penguasa dan pemproduksi tayangan layar lebar dan televisi di Indonesia.

Masalah yang timbul, selepas bicara kesuksesan Klan Punjabi dan kerabatnya adalah : mutu produk yang dihasilkan. Banyaknya kritik, hinaan, cacian dan bahkan kutukan tak selangkahpun menyurutkan niat Punjabi untuk terus gencar mendorong anak buahnya giat berkarya demi memberikan tontonan di televisi di Indonesia. Walau nada miring akan hasil tayangan yang diproduksi adalah sinetron-sinetron hantu (musiman), orang kaya yang luar biasa kayanya dan cerita kejahatan keluarga yang sangat tidak masuk akal di Indonesia, perselingkuhan sana-sini yang mudah tertebak alurnya. alah satu subjek yang dibahas disini adalah film horror. Horror yang diusung Klan Punjabi adalah horror kebanyakan (gak masuk akal malah) , dengan cerita yang makin lama makin ga mutu , hantu-hantu standar semua, alhasil segala thesis Punjabi jadi mentah ketika dia (katanya) mencoba menyelipkan unsur pendidikan. Bagaimana buat mendidik kalau segala yang ditayangkan adalah tontonan kelas kacang seperti itu. Rupiah untuk rupiah.

Saya jadi ngelantur. Tentang poster art rekaan karya Giri ini adalah pukulan telak tentang keberpihakan Televisi terhadap film atau sinetron horror produksi lokal lewat multivision plus pimpinan Raam Punjabi ( yang berubah nama jadi Junktrash Punjabi :D). Secara ide, mungkin ratusan orang sebelum Giri sudah mencoba menyerang sistematika klan penguasa tayangan sinetron di Indonesia itu, tetapi secara visual, Giri berhasil memberikan surprise senyum lewat humor yang dikemas olehnya. Cobalah main-main ke situs ini, saya yakin apapun yang dihasilkan multivision plus bisa mendapat predikat kancut lima + nanah. Dan Giri bakal kebagian order bikin poster buat mencela perfilman Indonesia yang aneh-aneh di situs itu.


AddThis Social Bookmark Button

Contact Giri | Giri di Friendster