Fashion freak!

Tahun : April, 20/2007
Teknik : Spidol, stabilo, water color, retouch Adobe Photoshop
Dimensi : 25 cm x 10 cm

Tema :
“Karya ini ingin menampilkan hubungan manusia dengan teknologi yg sedemikian gencar saat ini.. dan saking gencarnya teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk bergaya bahkan sudah menjadi suatu bentuk fashion baruu..dimana2 kita sudah melihat org nongkrong di cafe2 pasti ada yg memakai laptop/note book, walaupun hanya di gunakan untuk chating atau update ‘facebook’..😛 Beberapa item teknologi sudah menjadi seperti kewajiban untuk selalu ‘update’, seperti handphone,notebook,mp3 player, bahkan desktop pun! kl gk, bakalan di bilang ketinggalan jaman alias tidak gaul! (Saya pikir inilah bentuk-red. )Visual karya (yang
-red.) ingin mewakili (konsep-red.)kekinian skrg.. “
(Steve/2007 – ilustrasi di tabloid Kontan)

Bahasan paling utama yang hendak Steve sampaikan pada visual ini adalah : Betapa Gadget (perangkat penunjang teknologi komunikasi dan informasi yang bisa dibawa-bawa kemanapun saja) memang merupakan pilihan perangkat utama bersosialisasi – selain lambang status dan gengsi juga saat ini. Memang apa yang diutarakan Steve disini merupakan simbolisasi dari sebuah pengantar narasi teknologi komunikasi jika manusia sudah mulai memesinkan dirinya. Apa yang dibahas sebenarnya merupakan problematika dan wacana kota besar, sebuah generasi baru yang hidup sehari-hari dalam bersentuhan teknologi.

Perangkat elektronik sebagai gaya hidup, merupakan pilihan primer, sampai sejauh ini. Lihat di perkampungan kumuh sekalipun, sebuah keluarga memang lebih mementingkan televisi sebagai wahana hiburan dibandingkan memiliki biaya buat renovasi kamar, lantai bahkan untuk menunjang perbaikan atap rumah yang bocor sekalipun. Sedangkan pada kelas yang lebih menengah pilihan teknologi bersanding dengan kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi tuntutan informasi. Jikalau pada kelas atas ? fungsi gadget, perangkat penunjang komunikasi dan teknologi informasi justru lebih kentara sebagai pelengkap gaya hidup- fashion, hal ini ditandai dengan pertukaran mode dan kecocokan disamping kebutuhan komunikasi dan informasi.

Saya melihat ada misi khusus yang diusung oleh Steve dibalik karyanya ini. Steve memaparkan satu entitas tentang pilihan gaya hidup dengan gadget terkini yang bisa dikategorikan sebagai : TECHNOSEXUAL. Sebuah pilihan gaya hidup berorientasi asas kecintaan dan pemujaan terhadap teknologi terkini, dan berdasarkan orientasi gaya hidup melek teknologi dan haus serapan informasi. Ketika uang berlimpah ditengah hujan ekonomi booming IT periode tahunan lalu, sadar tidak sadar imbas para generasi yang bersentuhan dengan teknologi informasi menjadikan mereka faham dan sadar sekali arus fashion yang bergelombang menuju pemanfaatan perangkat teknologi sebagai penunjang hidup. Toh tidak ada yang salah, dengan kecenderungan memuja perangkat gadget ini sebagai penunjang fashion, gaya hidup, tetapi kita tetap menghargai pilihan mereka tersebut.

* karya ini merupakan hak cipta Steve yang terkait dengan kepemilikan gambar selaku ilustrator di tabloid Kontan dan pernah dimuat sebagai ilustrasi bahasan tulisan yang sama di tabloid yang sama.

Cek soal gadget | Technosexual


AddThis Social Bookmark Button

Kontak Steve | Multiplynya Steve