Karya seni yang baik, terkadang menampilkan sisi cerita muram yang cenderung dalam di karya-karyanya. Ataupun malah menampilkan cerita datar yang bergerak dalam visual. Tetapi alibi ini apapun klasifikasinya, mentah-mentah saja ketika dibahas dalam sebuah bedah karya. Seorang seniman sejatinya merupakan penulis cerita lewat visual yang ditampilkannya. Apapun bentuk karyanya, setiap seniman bertanggung jawab secara banyak sisi, teknis karyanya yang dijabarkan, epistimologi yang ditawarkan, wacana yang diusung, sampai sisi konsepsi karya seni itu sendiri.

Kali ini saya membahas tentang seseorang bernama Camille Rose Garcia. Seorang seniman Los Angeles yang karyanya dikategorikan sebagai Pop Surealis. Dengan menampilkan figur-figur comic dan animasi dan tokoh populer televisi di Amerika sana periode 1950 an. Karyanya menampilkan sosok-sosok kartun, makhluk-makhluk ganjil dengan upaya mengekspos cerita gelap tentang kekerasan, korupsi dan ketamakan. Dengan idiom yang diangkat Camille, sebenarnya, dia bercerita tentang horror di dalam masyarakat urban (contemporary society) – popular culture di Amerika (khususnya L A tempat dia tinggal).

Dalam wawancara yang dicuplik dari situs ini , Camille banyak menampilkan kisah hidupnya, bagaimana kecintaanya akan band-band punk, seperti D.O.A, The Vandals, The Germs dan lain-lainya yang menimbulkan sensasi ketertarikan visual akan image pemberontakan, horror, dan keterpengaruhan akan Los Angeles art- scene semenjak dia melihat karya-karya Mark Ryden, sampai memutuskan berhenti dari band untuk total berkarya seni. Termasuk pandangan politik dia soal keberpihakan pada upaya untuk melakukan pemberontakan sosial lewat karya-karyanya, kompromi karya yang lebih kepada bagaimana seni mampu menunjukkan kaidahnya untuk memiliki tanggung jawab sosial, dan cara pandangnya terhadap scene seni secara global untuk saat ini.

Karyanya (baik lukisan, mainan dan craft) adalah kombinasi, personifikasi cerita, dan kolase dari tokoh-tokoh dari Walt Disney, punk bands seperti Dead Kennedys, ilustrasi tokoh dan teks dari cerita-cerita yang ditulis sci-fi writer Philip K. Dick, atau ilustrasi erotis karya-karya Aubrey Beardsley, mitologi dan fairy tales, visual daripada sebagian Japanese art, termasuk karya-karya ukiyo-e (traditional japanese woodblock prints) dan animasi karya Yoshitomo Nara dan Takashi Murakami.

Barangkali ada baiknya kita mengikuti saran di situs ini. Karya-karya Camille adalah representasi bentuk dari visual gothic yang tragis secara komikal. Yang nampak disitu adalah surealisme a la Camille yang begitu kuat melakukan layering dengan tokoh-tokoh retro yang kebetulan merupakan imaji favoritnya.

Dalam wawancaranya, Camille menyebutkan motivasinya : I always wanted to do art that people could relate to but also carry some social relevance. Dan Camille sadar, dengan konsekuensi yang berpihak pada perlawanan (maklum aja besar di scene punk) , kritik tegas terhadap pemerintah Amerika sampai saat ini, dan penolakan-penolakannya terhadap proyek komersial (yang di mata dia sudah keterlaluan), sepertinya ada relevansi sosial yang diharapkan dari Camille lewat karya-karyanya yang di mata saya cenderung muram dan tragis ini. Pesan yang nampak adalah keberpihakan pada dunia tragis. Apapun bentuknya, sebenarnya dia menceritakan dan merepresentasikan banyak hal soal relasi sosial dunia yang dingin, suram dengan warna-warna lukisannya yang tergambarkan; dark under-tones.

Lihat karya-karya Camille dibawah ini :


“Royal Disorder Subterranean Invasion” / 2006


Escape Velocity/2006


Emergency Transport/Giclee and hand applied gold mica on paper


“Antarctic Suburban Outpost” 2006. Acrylic and glitter on wood, 48 x 48 inches.


“O.N.S. Escape Vehicle ” 2005. Acrylic and glitter on wood, 48 x 48 inches.


“The Deconstructionist Army” 2004


“Arctic Cavern Hideaway” 2005

Karya yang muncul disini ditulis atas ijin yang bersangkutan, dari situs ini : http://www.camillerosegarcia.com/, gambar-gambar lukisanya diambil dari situs ini, tulisan ini juga dimuat disitus blog yang satu ini.


AddThis Social Bookmark Button

Situs Camille Rose Garcia | contact