Saya membahas karya seseorang bernama : Magnus Blomster (30 tahun, kebangsaan Swedia).

Dengan bekerja harian pada bidang yang tidak ada hubungannya dengan creative arts, dirinya lebih senang mentahbiskan dirinya sebagai freelance illustrator. Dalam wawancaranya dalam situs ini, Magnus mengatakan betapa dia merasa tidak bisa belajar pemahaman seni dengan baik, biarpun dia menyelesaikan sekolahnya di bidang desain. Namun mempelajari ilustrasi dan Art Nouveau (kesukaanya sedari kecil), malah dilakukannya setelah lulus kuliah.

Secara teknis : dalam proses beberapa ilustrasinya, Blomster, lebih suka mengolah foto yang sudah ada. Dengan kata lain, model (dalam hal ini adalah pacarnya) yang difoto dengan pose-pose yang telah ditata, kostum dan juga terkadang tanpa busana, diolah dengan software illustrator (Adobe) dengan membentuk outline, dan diprint untuk menghasilkan karya cetak yang kemudian diolah lebih lanjut secara manual (pensil, pena) dan kemudian kembali diolah dalam software Adobe (Photoshop maupun Illustrator) untuk pewarnaan (ink).

Dalam hal ini, pilihan gaya yang dipakai seperti Style Art Nouveau yang dipadu dengan warna-warna sekarang yang cenderung minimalis. Dalam banyak hal sekilas mengingatkan kita akan karya kebanyakan (yang sempat trend tahunan lalu) , trace line dari figur wanita, namun yang menarik disini adalah proses dan hasil yang cenderung berbeda sendiri. Saya teringat pose-pose erotis dari karya-karya Gustav Climnt, cuma dengan cita rasa lebih global sekarang ini.

Beberapa karyanya telah dipakai untuk kepentingan beberapa industri rekaman dan fashion di Swedia. Dan dia sendiri mengatakan tidak terlalu menghiraukan upah yang dia terima untuk mengerjakan karya-karyanya, namun tampaknya dia sangat menyukai objek karyanya (nude female form) untuk selalu diolah.

Silahkan simak karya-karyanya :


Unknown


We Live in a Beautiful World


Pervert


Utopiate

Kunjungi informasi mengenai karyanya di magnusblomster.com (saat ini sedang dibangun)
juga galeri karyanya di : sagenlicht.deviantart.com | rasterized.org

*karya dan tulisan ini dimuat atas seijin yang bersangkutan.