Long long time ago sebelum diketemukan yang namanya Photoshop, (halah keminggris), seorang seniman surealis yang merupakan pionir di scene lukis dunia, Salvador Dali, telah melakukan eksplorasi genius tentang kolase visual secara fotografi. Foto yang terinspirasi karya lukisannya dengan judul Dali Atomicus (Dali Atomica Series), yang dibuat pada tahun 1948, semuanya dilakukan secara manual dan waktu take gambar yang terhitung lama (6 jam!) untuk menghasilkan karya jenius (dimasanya) ini.

Bekerja sama dengan Phillipe Halsman, Dali dan Halsman melakukan teknik dan trik seperti menggantungkan kanvasnya dari atas, dan sang istri dari si fotografer tersebut memegang kursinya, 3 ekor kucing yang dilempar ke udara oleh asisten Halsman, (sebanyak 28 kali dalam prosesnya- jangan tanya saya bagaimana nasib sang kucing) berbarengan dengan seember air, dan sang seniman sendiri yang melompat ke udara (berkali-kali dalam proses pengambilan gambar).

Sampai saat ini, karya itu masih dikenang sebagai salah satu karya klasik, dimana fotografi sureal juga mulai dikembangkan di masa itu.

Lihat karyanya :

Cek di situs ini dan galeri foto ini.