Akhirnya saya menemukan satu dari beberapa seniman drawing dan ilustrasi yang saat ini menjadi favorit saya.

Karya Yuka Yamaguchi, ini saya temukan ketika membrowse dan mencari data base seniman jepang yang tinggal dan berkarya di Amerika. Setelah melalui proses korespondensi via email, akhirnya saya bisa menuliskan sesuatu tentang karya-karya uniknya ini.

Beberapa poin penting yang saya dapatkan dari galeri karya di websitenya ini, adalah ketertarikan dia soal simbolisasi dari innocence and birth. Tak heran, ibu satu anak kelahiran Kobe yang sekarang tinggal di Saskatoon, Kanada, ini, memang mencitrakan seorang seniman yang kaya akan pemahaman tentang multi kultur, dan jeli mengolah visual yang cerdas dalam karya ilustrasinya.

Senada dengan review di majalah online (entah masih dicetak atau tidak), Juxtapoz , kekuatan yang muncul adalah bagaimana dia mengolah simbol organ tubuh, mimpi, perilaku aneh dan khayalan sang anak-anak(dalam hal ini dia sering menggunakan tokoh ilustrasi anak-anak jepang) dengan dunia imajinasi. Itu secara tematik. Secara teknis memang tidak ada yang baru : cat air, pensil warna, tinta cina, gouache, konte maupun pena .

Namun yang menjadikan dia menarik memang bagaimana dia mengolah ide dan mentransformasikan ke dalam kertas. Lihat bagaimana absurd dan ganjil, perilaku tokoh-tokoh anak-anak yang ada di dalam karyanya. Bagaimana dia memperhalus teknik gambarnya, menghasilkan karya yang clean dan rapih. Sekilas memang tak beda dengan ilustrasi untuk artikel-artikel di majalah dan koran ternama, namun lain cerita ketika karyanya di bungkus dalam frame artwork dan dipamerkan di gallery.

Lain cerita pula jika bisa melihat langsung dibandingkan melihat di monitor komputer anda😀.

Lihat karyanya :


self-portrait, age 17/2006


tough skin, juicy heart/2006


there you are!/2006


my proxy/2006


my first time/2007


meichuu/2007


kubittake/2007

Cek website pribadinya. Copyright: yuka yamaguchi.