Terkadang bagi beberapa orang (ilustrator, seniman, designer dll) sketsa terasa sangat penting untuk didokumentasikan. Bagaimana jadinya, nantinya atau hasil akhirnya, yang terpenting adalah memperlihatkan sebuah rekaman perjalanan. Dalam hal ini, sketsa dalam pensil, charcoal, konte atau apapun sebenarnya adalah bagian penting dalam proses penggarapan karya tersebut.

Leesa Leva, memperlihatkan pada kita salah satu keunggulan yang sangat mendasar. Bagaimana dirinya mampu menguasai elemen teknis manual yang sebenarnya sederhana. Bermain dengan medium kertas, pensil, cat air, pensil warna, cat minyak, akrilik dan kanvas, justru memperlihatkan jika dia sebenarnya memang pemain lama yang sudah sangat faham karakter masing-masing medium dan hasilnya. Saya tertarik dengan kesan retro, klasik dan 70’s illustrated yang dimunculkannya, selain gestur objek dan pewarnaan, terkesan penggunaan kertas berwarna krem atau coklat malah menambah daya tarik karyanya. Dan kesan sebagai ilustrasi fashion malah sangat menonjol disini. Sangat ‘cewek’ sekali rasanya, feminin tapi juga nuansa kekinian.

Silahkan nikmati karyanya. Pesan saya; jangan takut untuk menonjolkan pensil dan sketsa sebagai salah satu karya, toh sebagai rekaman dari perjalanan sebuah karya, hal tersebut amatlah sangat penting.

Pemuatan karya ini atas seijin sang seniman. Cek portfolio dan blognya. All images was taken from her site.