Biodata tentang dirinya, saya cuplik dari website dirinya :

About: MUNK ONE a.k.a. Jose A. Mercado is a contemporary American Illustrator and Fine artist. He is most noted for creating Artwork for bands such as Korn, Avenged Sevenfold, My Chemical Romance, The Generators and many more who’s merchandise can be seen through out the world. He is also known for his Fine Art which has been gaining more and more attention with no signs of slowing.

Lihat websitenya dan karya-karya ilustrasinya adalah parade simbol kecintaan sang seniman terhadap apa yang menjadi hobinya.

Bagi saya karya Jose a.k.a MUNK ONE ini, bukti nyata dari otentisitas pegaulan, keterpengaruhan dan sekali lagi, dirinya memang anak jaman. Kultur yang dekat dengan apapun yang bersifat eklektik, simbol eksotisme tengkorak manusia yang dimodifikasi – lekat dengan simbolisasi rock, sekilas seperti Trash (metal) artworkold skool, beberapa eksotisme dunia politik dan religius di India, figur pemberontak Zapatta di Meksiko, visual zombie film-film Romero, ilustrasi untuk skateboard dan lain sebagainya. Keterpengaruhan menunjukkan karyanya. Ada semacam pemeo yang lazim, bahwa saat ini memang seharusnya influence berkarya lebih bersifat literatur dan memilih konten yang baik, dengan mengamati karya seniman lainnya, penerimaan pengaruh atas hobi atau interest, sehingga apapun keterpengaruhan yang terlukis dalam karya-karyanya itu menunjukkan identitas awalnya sehingga biasanya berkembang menuju style yang otentik – walau saya tidak memungkiri banyak seniman-seniman Los Angeles, korporasi a la Juztapoz yang identik dengan gaya MUNK ONE ini.

Saya mencoba melihat keterhubungan dirinya, karyanya dengan periode seni jalanan, graffiti, skate art, band-band rock yang menggunakan jasanya untuk ilustrasi cover rekamannya dan poster pertunjukan. Saya melihat karyanya memang figuratif dan dekat dengan kemasan saat ini. Simbolis dan asiknya, bisa dipakai dimana saja, baik untuk fine art, cover rekaman bahkan sampai ke stiker😀.

Karyanya bagi saya cukup menghibur. Saya pikir dia memang mewakili jamannya, saat ini. Saat berkorespondensi dengannya via email sekalipun, masih menggunakan nama alias hehehe.

Simak karyanya di websitenya di sini. Karya yang ditampilkan disini atas seijin MUNK ONE sendiri, silahkan kontak untuk mengetahui lebih lanjut.