Sebuah pameran sculpture yang mungkin sedikit ekstrim secara visual dan mekanisme klasik yang tertata rapih dengan tajuk ( dalam bahasa Perancis, sayangnya ) : “Les Machines de l’Ile Nantes”, di desain oleh François Delarozière dan Pierre Orefice. Bertempat di Nantes, Perancis, pameran ini sukses menjungkirbalikkan persepsi tentang mekanisme mesin dalam patung atau robot hewan, inteprestasi makhluk-makhluk unik dalam novel karangan Jules Verne dan style yang agak jauh dari wacana masyarakat seni rupa kita, Steampunk Ages.

Pameran yang juga diperuntukkan sebagai persembahan atau memperingati karya-karya Jules Verne ( karena Jules Verne, sang novelis terkenal ini memang lahir di Nantes, Perancis). Secara visual, apa yang dipamerkan kali ini menimbulkan berbagai macam persepsi. Seperti pameran karya kontemporer, seni rupa Jules Verne ataupun sekedar pameran artwork biasa. Tetapi bagi saya, setelah melongok situsnya : Dedikasi keras dan kecintaan terhadap hal-hal yang berbau mekanisme klasik pada akhirnya berhasil diwujudkan dalam karya yang brilian dan mencengangkan. Apa yang bisa kita apresiasi, sesudah kita hanya bisa terpukau oleh detail dan ukurannya yang giga size.

Salah satu karya paling mencengangkan disini adalah Gajah mekanik ( terbuat dari mesin, kayu, besi dan kawat) berukuran raksasa , tinggi 11 meter dan beban 40 ton, bisa bergerak juga. Sinting.



Claude Joannis has a few photographs that’ll give you some idea about how extraordinary cool this exhibition is
. Gambar diambil dari situs ini : darkroastedblend dan yang ini juga. Dan beberapa informasi teks dari situs pribadinya event ini.